Susanto, Wawan Adi and Muchlis, Effie Efrida and Syafdi, Maizora (2018) DIAGNOSIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG SUDUT, BUSUR DAN JURING DALAM LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_WAWAN ADI SUSANTO_A1C011036.pdf [thumbnail of SKRIPSI_WAWAN ADI SUSANTO_A1C011036.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_WAWAN ADI SUSANTO_A1C011036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal tentang sudut, busur dan juring dalam lingkaran
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. (2) Mengetahui faktor-faktor
penyebab kesalahan siswa dalam menyelesikan soal tentang sudut, busur dan juring
dalam lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini
adalah siswa kelas kelas VIII 3 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Data diproses
melalui tes diagnostik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kesalahan�kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran sebagai
berikut: a) Salah dalam menentukan sudut keliling dan sudut pusat suatu lingkaran
sebanyak 20 siswa; b) Salah dalam menggunakan rumus untuk mencari besar sudut
keliling dan sudut pusat lingkaran sebanyak 18; c) Salah dalam operasi hitung
matematika sebanyak 20 siswa; d) kesalahan dalam menuliskan notasi sudut, satuan
sudut, sebanyak 6 siswa; e) Salah dalam menggunakan rumus untuk mencari
panjang busur, luas juring sebanyak 13 siswa; f) Salah dalam menuliskan satuan
luas sebanyak 2 siswa. (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal soal lingkaran sebagai berikut: a) Belum memahami konsep
pada materi lingkaran sebannyak 28 siswa; b) Kurang teliti dalam mengerjakan
operasi hitung matematika sebanyak 24 siswa; c) Menebak-nebak jawaban
sebanyak 11 siswa; dan d) Tidak menguasai materi prasyarat sebanyak 9 siswa.
Kata Kunci: kesalahan, diagnosis, lingkaran, deskriptif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13954 |