Rani, Atikah Puspa and Amrul, Bahar and Elvinawati, Elvinawati (2018) EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Atikah Puspa Rani.pdf [thumbnail of Skripsi Atikah Puspa Rani.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Atikah Puspa Rani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas instagram
sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan larutan penyangga di
SMAN 5 Kota Bengkulu.Penelitian yang dilakukan merupakan jenis
penelitian eksperimen semu.Efektivitas instagram sebagai media
pembelajaran dilihat dari N-Gain Score yang diperoleh.Analisis data yang
digunakan adalah rata-rata (mean), N-Gain Score, uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Data hasil belajar kimia siswa
diperoleh dari nilai pretest dan posttest dengan selisih hasil belajar untuk
kelas kontrol adalah 34,49 dan kelas eksperimen 46,42, berdasarkan dari
nilai pretest dan posttest didapatkan N-Gain score dimana N-Gain score
untuk kelas kontrol sebesar 0,58 termasuk dalam kategori “sedang” dan
kelas eksperimen sebesar 0,71 termasuk dalam kategori “tinggi”. Hal ini
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan instagram
sebagai media pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih efektif dari
pada pembelajaran yang tidak menggunakan instagram sebagai media
pembelajaran.
Kata kunci : Instagram, Efektivitas, N-Gain Score.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:45 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13966 |