PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIA 3 MAN 2 KOTA BENGKULU

Saputri, Anggi Dwi and Medriati, Rosane and Nyoman, Rohadi (2018) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIA 3 MAN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi anggi scan.pdf] Text
skripsi anggi scan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar kognitif siswa
dan keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi yang dilakukan
dalam empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 39
siswa. instumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa,
tes hasil kognitif dan tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian diperoleh
bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor 23 (kategori
cukup), meningkat pada siklus II menjadi 25 (kategori baik) dan meningkat lagi
pada siklus III menjadi 28 (kategori baik). Hasil belajar kognitif siswa untuk
siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,25, meningkat pada siklus II menjadi 76,41 dan
meningkat lagi pada siklus III menjadi 84,61. Keterampilan proses sains siswa
meningkat dari siklus I hingga siklus III terutama keterampilan proses sains pada
aspek mengajukan pertanyaan dengan skor rata-rata sebesar 82,04. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Learning Cycle 5E dapat
meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar kognitif dan keterampilan proses
sains siswa.
Kata kunci : Learning Cycle, aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, keterampilan
proses sains

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:21
Last Modified: 27 Jul 2023 07:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item
View Item