MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TIPE 5E DI KELAS X IPA 3 SMAN 9 KOTA BENGKULU

Limbong, Christina and Rohadi, Nyoman and Dedy, Hamdani (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TIPE 5E DI KELAS X IPA 3 SMAN 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FIX.pdf] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada konsep gerak parabola yang
dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peningkatan aktivitas, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa dengan
model pembelajaran Siklus Belajartipe 5E. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i
XIPA3 SMAN 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 16 laki-laki
dan 16 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah rata-rata aktivitas
siswa pada siklus I sebesar 2 3 , 5 dalamkategori
baik,padasiklusIIsebesar27,5dalamkategoribaik,padasiklusIIIsebesar29,5dalamkategori
baik. Penguasaan konsep dinilai berdasarkan hasil belajar aspek kognitif.
Hasilbelajarsiswapada siklusI diperolehnilai rata-rata 67,8
danketuntasanbelajarsiswasebesar62,5%(belum tuntas),meningkatpadasiklusIIdengannilai
rata-rata 77,5danketuntasanbelajarsebesar
75%(tuntas),kemudianmeningkatpadasiklusIIIdengan perolehan nilai rata-rata 85,3 dan
ketuntasanbelajarsebesar87,5%(tuntas). Skor rata-rata
motivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar 5,90 dengan kategori sedang,meningkat
padasiklusIIdengan perolehan skor rata-rata 6,67 dengan kategori sedang,dan
padasiklusIIIjuga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 6,92 dengan kategori
tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkanbahwapembelajaran dengan
menggunakanmodelpembelajaran siklus belajar tipe 5E dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa, motivasi belajar siswa dan penguasaan konsep fisika siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe 5E, Aktivitas Belajar Siswa,
Motivasi Belajar Siswa dan Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:50
Last Modified: 27 Jul 2023 07:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14015

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200