Perwita, Deby Putri and Rohadi, Nyoman and Indra, Sakti Lubis (2018) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DI SMAN 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi lengkap.pdf [thumbnail of skripsi lengkap.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi lengkap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E
dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep
fisika di SMAN 09 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan di SMAN 09 Kota
Bengkulu, jenis penelitian adalah eksperimen kuasi dengan desain non-equivalent
control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN
09 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik
Simple Random Sampling dengan jumlah sampel kelas XI MIPA 1 berjumlah 28
siswa dan kelas XI MIPA 2 berjumlah 25 siswa. Data motivasi belajar dan
pemahaman konsep fisika diperoleh dari nilai pretest dan posttet menggunakan
angket dan soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar di
SMAN 09 Kota Bengkulu, yakni thitung 3,17 > ttabel 2,01, dan terdapat pengaruh
signifikan model Learning Cycle 5E dengan pendekatan saintifik terhadap
pemahaman konsep fisika di SMAN 09 Kota Bengkulu yang ditunjukan dengan
thitung 7,14 > ttabel 2,01 dengan taraf signifikan 95%.
Kata Kunci : Model Learning Cycle 5E, Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar,
Pemahaman Konsep Fisika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 08:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 08:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14018 |