UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS X IPA 3

Oktofika, Ega and Medriati, Rosane and Eko, Swistoro (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS X IPA 3. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi ega cetak.pdf] Text
skripsi ega cetak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar
siswa, keterampilan proses sains siswa (KPS) dan hasil belajar siswa melalui
penerapan model Disecovery Learning. Penelitian ini termasuk penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 3 yang
berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas
siswa pada siklus I termasuk dalam kategori cukup, kemudian menjadi baik pada
siklus II dan semakin baik pada siklus III. Keterampilan proses sains yang diuji
adalah keterampilan mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis,
merencanakan percobaan, menafsirkan dan berkomunikasi. Dari kelima
keterampilan yang diuji, persentase peningkatan tertinggi dari siklus ke siklus
adalah pada keterampilan merumuskan hipotesis, sedangkan keterampilan yang
paling dikuasai siswa adalah pada keterampilan mengajukan pertanyaan. Hasil
belajar siswa pada aspek pengetahuan secara keseluruhan terjadi peningkatan
ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus
I diperoleh daya serap siswa sebesar 70,5 % dan ketuntasan belajar siswa sebesar
63,3 % (belum tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa
sebesar 76,5 % dan ketuntasan belajar siswa sebesar 80 % (tuntas), dan
meningkat lagi pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 83,6 % dan
ketuntasan belajar siswa sebesar 100 % (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Discovery Learning dapat
meningkatkan keteampilan proses sains dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Discovery Learning, aktivitas belajar, keterampilan proses sains,
hasil belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:37
Last Modified: 27 Jul 2023 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item
View Item