Pitriyani, Hera and Medriati, Rosane and Eko, Risdianto (2018) IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DIKELAS X MIPA4 SMAN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skrisi piks.pdf [thumbnail of skrisi piks.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skrisi piks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga
siklus yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep,
aktivitas, dan keterampilan proses sains pada konsep usaha dan energi. Subyek
kreatif, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik pada konsep usaha dan energi.
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 4 yang berjumlah
32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian yaitu tes pemahaman konsep, tes lembar observasi aktivitas guru dan
peserta didik dan tes lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemahaman konsep diperoleh skor
rata-rata 67,19 pada siklus I, meningkat menjadi 75,00 pada siklus II, meningkat
menjadi 82,50 pada siklus III. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I
dengan skor rata-rata 22 dengan katagori cukup, meningkat menjadi 31 pada
siklus II dengan katagori baik, meningkat menjadi 36 pada siklus III dengan
katagori baik. Hasil pemahaman konsep peserta didik pada siklus I diperoleh
ketuntasan belajar klasikal sebesar 44% (tidak tuntas), meningkat pada siklus II
ketuntasan belajar klasikal sebesar 75% (tuntas), meningkat pada siklus III
ketuntasan belajar klasikal sebesar 81% (tuntas). Berdasarkan hasil penilitian
bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing pada konsep usaha dan energi dapat
meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajardan keterampilan proses sains.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep,Aktivitas Belajar,
Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:04 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14037 |