PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 KOTA BENGKULU

Putri, Nova Widya and Eko Swistoro, Warimun and Desy, Hanisa Putri (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIMULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of PDF SKRIPSI  NOVA WIDYA PUTRI.pdf] Text
PDF SKRIPSI NOVA WIDYA PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran fisika dengan
model Problem Based Learning berbantuan media simulasi terhadap motivasi belajar
siswa dan menjelaskan pengaruh pembelajaran fisika dengan model Problem Based
Learning berbantuan media simulasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini
adalah quasi experimental design (eksperimen semu). Sampel penelitian diambil
menggunakan purposive sampling yang diperoleh kelas XI MIPA 6 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data
menggunakan Uji-T dua sampel independen menunjukkan terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media simulasi
terhadap motivasi belajar siswa yaitu thitung = 4,67 > ttabel = 2,00, dan penggunaan model
Problem Based Learning berbantuan media simulasi terhadap hasil belajar siswa juga
berpengaruh signifikan yaitu thitung = 5,27 > ttabel = 2,00. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan melalui pembelajaran dengan model Problem Based
Learning berbantuan media simulasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem
Based Learning berbantuan media simulasi pada kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Pembelajaran
Simulasi, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:25
Last Modified: 28 Jul 2023 08:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item
View Item