PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Azzahra, Nuri Fatimah and Koto, Irwan and Ridianto, Eko (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Nuri Fatimah Azzahra (A1E013039)(1).pdf] Text
Skripsi Nuri Fatimah Azzahra (A1E013039)(1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Nuri Fatimah Azzahra, 2018. Penerapan Model Problem Based Learning
(PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan
tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah
siswa pada materi Gerak Melingkar di kelas X MIA 4 SMA Negeri 7 Kota
Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 4 yang
berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap
siklusnya. Skor penilaian terhadap aktivitas belajar siswa yaitu pada siklus I
adalah 22 dengan kategori Baik, siklus II adalah 23 dengan kategori Baik, dan
siklus III adalah 24 dengan kategori Baik. Sementara itu, kemampuan pemecahan
masalah siswa justru mengalami penurunan disetiap siklusnya. Pada siklus I nilai
rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 84,86 dan ketuntasan belajar
klasikal 82,86%, menurun pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 83,29 dan
ketuntasan belajar klasikal 77,14%, dan menurun kembali pada siklus III dengan
nilai rata-rata sebesar 72 dan ketuntasan belajar klasikal 57,14%. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa, namun belum mampu meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Kemampuan
Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:31
Last Modified: 28 Jul 2023 08:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200