Nainggolan, Partogi and Rohadi, Nyoman and Eko, Risdianto (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN GENERIK FISIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MELALUI EKSPERIMEN PADA ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS XI MIA 2 SMAN 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Partogi Nainggolan.pdf [thumbnail of SKRIPSI Partogi Nainggolan.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Partogi Nainggolan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga
siklus bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan generik fisika
dan pemahaman konsep serta aktivitas belajar peserta didik pada konsep alat-alat
optik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA 2
beranggotakan 32 orang yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta
didik perempuan. Kemampuan generik fisika peserta didik pada siklus I diperoleh
daya serap sebesar 73,13 % dan ketuntasan belajar sebesar 53,13 % (belun
tuntas), siklus II diperoleh sebesar daya serap sebesar 74,22 % dan ketuntasan
belajar sebesar 75 % (belum tuntas), dan siklus III dengan daya serap sebesar 80
% dan ketuntasan belajar sebesar 100 %. Pemahaman konsep peserta didik pada
siklus I diperoleh daya serap sebesar 73,13 % dan ketuntasan belajar sebesar
62,50 % (belum tuntas), siklus II diperoleh daya serap sebesar 79,06 % dan
ketuntasan belajar sebesar 87,50 % (tuntas), dan siklus III dengan daya serap
sebesar 87,34 % dan ketuntasan belajar sebesar 100 %. Hasil aktivitas peserta
didik pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 36 dalam kategori cukup aktif,
siklus II sebesar 40,5 dalam kategori cukup aktif, dan siklus III sebesar 43,5
dalam kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran guided discovery dengan metode eksperimen dapat
meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan generik fisika, dan aktivitas
peserta didik dalam pembelajaran guided discovery melalui eksperimen di kelas
XI MIA 2 SMAN 8 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery, Metode Eksperimen,
Kemampuan Generik Fisika, Pemahaman Konsep, Aktivitas Belajar Peserta
Didik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14066 |