Sellavia, Pina and Rohadi, Nyoman and Desy, Hanisa Putri (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SMAN 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi pina.pdf [thumbnail of skripsi pina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi pina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penerapan Model Problem Based Learning berbasis laboratorium untuk
Meningkatkan aktivitas belajar dan Keterampilan Proses Sains peserta didik Kelas
X IPA 1 SMAN 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan
Keterampilan Proses Sains peserta didik pada konsep getaran harmonis. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 10 Kota Bengkulu yang
berjumlah 33 orang. Penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I adalah sebesar 32
dalam kategori cukup, siklus II sebesar 38 dalam kategori baik, dan siklus III
sebesar 42 dalam kategori baik. Untuk nilai keterampilan proses sains indikator
mengamati sebesar 68,18 pada siklus I, 76,51 pada siklus II dan 79,54 pada siklus
III; mengklasifikasi sebesar 71,21 pada siklus I, 78,78 pada siklus II dan 83,33 pada
siklus III; merumuskan hipotesis sebesar 80,30 pada siklus I, 90,90 pada siklus II
dan 96,96 pada siklus III; merencanakan percobaan sebesar 69,69 pada siklus I,
83,63 pada siklus II dan 93,93 pada siklus III; dan berkomunikasi sebesar 59,84
pada siklus I, 68,18 pada siklus II dan 86,36 pada siklus III. Berdasarkan hasil
penelitian bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis laboratorium
pada konsep getaran harmonis di kelas X IPA 1 dapat meningkatkan aktivitas
belajar dan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Kata kunci: Problem Based Learning berbasis laboratorium, aktivitas belajar
peserta didik, keterampilan proses sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14067 |