PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII.B SMPN 11 BENGKULU UTARA

Nurdiana, Revita and Medriati, Rosane and Eko, Risdianto (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII.B SMPN 11 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of REVITA NURDIANA (A1E013023) SKRIPSI pdf.pdf] Text
REVITA NURDIANA (A1E013023) SKRIPSI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
empat siklus dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
pada konsep kalor di SMPN 11 Bengkulu Utara. Subjek penelitian ini adalah
seluruh kelas VII.B yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan
4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tentang aktivitas belajar siswa yaitu
pada siklus I adalah 50,5 dengan kategori cukup, siklus II adalah 54 dengan
kategori baik, siklus III adalah 58,5 dengan kategori baik, dan siklus IV adalah
61,5 dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada konsep kalor di
kelas VII.B SMPN 11 Bengkulu Utara adalah untuk siklus I dengan nilai rata-rata
sebesar 65 dan ketuntasan belajar klasikal 30% (belum tuntas secara klasikal),
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 72 dan ketuntasan belajar
klasikal 40% (belum tuntas secara klasikal), meningkat pada siklus III dengan
nilai rata-rata sebesar 78,1 dan ketuntasan belajar klasikal 85% (tuntas secara
klasikal) dan untuk siklus IV meningkat lagi dengan nilai rata-rata 82,02 dan
ketuntasan belajar klasikal 100% (tuntas secara klasikal). Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar
Siswa, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:50
Last Modified: 28 Jul 2023 08:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14069

Actions (login required)

View Item
View Item