Gusma, Shinta Ena and Koto, Irwan and Eko, Swistoro (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER II FKIP UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA KONSEP DASAR LISTRIK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI SHINTA ENA GUSMA.pdf [thumbnail of SKRIPSI SHINTA ENA GUSMA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SHINTA ENA GUSMA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan miskonsepsi
konsep dasar listrik yang dialami mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas
Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Semester II FKIP Universitas
Bengkulu yang berjumlah 57 orang. Miskonsepsi diidentifikasi dengan
menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI). Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes diagnostik bentuk pilihan ganda (Multiply choice test).
Hasil analisis data berdasarkan penelitian menunjukkan dari 57 mahasiswa,
sebesar 21,62% mahasiswa termasuk ke dalam kategori tahu konsep, 52,79%
mahasiswa termasuk ke dalam kategori kurang pengetahuan, dan 25,59%
mahasiswa termasuk ke dalam kategori miskonsepsi. Hasil penelitian dan
wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep
hambatan listrik, arus listrik, beda potensial dalam rangkaian seri dan paralel,
serta cara pemasangan alat ukur listrik.
Kata kunci: Miskonsepsi, Konsep Dasar Listrik, Certainty of Response Index
(CRI).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 09:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 09:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14079 |