PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMAN 2 KOTA BENGKULU

Wijaya, Silvia Anggri and Medriati, Rosane and eko, Swistoro (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMAN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.docx.pdf] Text
SKRIPSI.docx.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji
pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan
pemecahan masalah fisika dan peningkatan sikap ilmiah siswa. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan dua jenis disain penelitian yang berbeda, yaitu
Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design untuk
melihat pengaruh model PBM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan Quasi
Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design untuk
melihat pengaruh model PBM terhadap peningkatan sikap ilmiah. Sampel diambil
menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA C sebagai kelas
eksperimen dan kelas X MIPA D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah dan angket untuk
mengukur sikap ilmiah. Analisis pengaruh model PBM terhadap kemampuan
pemecahan masalah dilakukan dengan perhitungan gain yaitu pengurangan rata�rata posttest dengan pretest, diperoleh hasil pengurangan sebesar 27,09, sedangkan
analisis pengaruh model PBM terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa dilakukan
dengan uji-t dua sampel independen, dilihat dari skor rata-rata N-gain sikap ilmiah
siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu
3,47 > 2,00 pada taraf signifikan (α=0,05). Maka dari hasil penelitian dapat
disimpulkan terdapat pengaruh model PBM terhadap kemampuan pemecahan
masalah fisika dan sikap ilmiah siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan
Masalah Fisika, dan Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:16
Last Modified: 28 Jul 2023 09:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14080

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200