ANALISIS STRATEGI PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X

Ningsih, Siswi Wahyu and Koto, Irwan and Desy, Hanisa Putri (2018) ANALISIS STRATEGI PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Siswi Wahyu Ningsih.pdf] Text
Skripsi Siswi Wahyu Ningsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai strategi pemecahan
masalah siswa kelas X berdasarkan gaya belajar siswa dalam pembelajaran. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas X MIPA 1 SMAN 3 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui angket
gaya belajar, tes strategi pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) siswa assimilator paling banyak jumlahnya di kelas X MIPA 1,
2) Berdasarkan analisis gaya belajar siswa yang dominan di kelas X MIPA 1 model
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa yang memiliki gaya belajar
assimilator yaitu problem solving., 3) Siswa tipe accomodator, converger, dan diverger
mampu memecahkan masalah melalui tahap memfokuskan masalah dengan menjelaskan
masalah dengan menggunakan bahasa sendiri dan membuat gambar dari masalah
tersebut. Siswa tipe assimilator mampu memecahkan masalah melalui tahap
memfokuskan masalah dengan menjelaskan masalah dengan menggunakan bahasa sendiri
dan membuat gambar dari masalah tersebut, serta mengungkapkan pendekatan yang
digunakan dalam memecahkan masalah. Siswa tipe accomodator, assimilator, converger,
dan diverger melalui tahap menjabarkan masalah ke dalam aspek fisika, tahap
merencanakan pemecahannya, dan tahap melaksanakan rencana dengan sangat baik.
Siswa tipe accomodator, assimilator, converger, dan diverger melalui tahap
mengevaluasi jawaban dengan memeriksa hasil perhitungan, kerasionalan jawaban, dan
satuan yang digunakan.
Kata kunci: strategi pemecahan masalah, gaya belajar, problem solving

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:19
Last Modified: 28 Jul 2023 09:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item
View Item