UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas X IPA 2 SMAN 10 Kota Bengkulu)

Sari, Viona Junita and Connie, Connie and Eko, Swistoro (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas X IPA 2 SMAN 10 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI VIONA JUNITA SARI.pdf] Text
SKRIPSI VIONA JUNITA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar,
kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar pengetahuan peserta didik.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 2 SMAN 10 Kota
Bengkulu yang berjumlah 33 Orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata�rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I adalah sebesar 26,5 dalam
kategori cukup, siklus II sebesar 30,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar
34,5 dalam kategori baik. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada
siklus I diperoleh sebesar 68,18, siklus II sebesar 76,94dan siklus III sebesar
87,04. Hasil belajar diperoleh daya serap sebesar 67,12% dan ketuntasan belajar
klasikal sebesar 54,54%, meningkat pada siklus II yaitu daya serap sebesar
75,15% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,81%, kemudian untuk siklus
III, dan meningkat lagi untuk siklus III daya serap sebesar 84,85% dan ketuntasan
belajar sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode
Cooperative Problem Solving pada konsep usaha dan energi di kelas X IPA 2
dapat meningkatkan aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil
belajar peserta didik.
Kata Kunci : Metode Cooperative Problem Solving, aktivitas belajar peserta
didik, kemampuan pemecahan masalah peserta didik, hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:09
Last Modified: 01 Aug 2023 03:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor