Ratnasari, Yeni and Swistoro, Eko and Dedy, Hamdani (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS XI MIPA SMAN 3 BENGKULU TENGAH (Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi.pdf [thumbnail of skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model problem solving fisika
terhadap kemampuan berfikir kritis dan menentukan pengaruh model problem
solving fisika terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI MIPA di SMAN 3
Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Experiment Research dengan desain
one group pretest posttest design untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan
desain non-equivalent control group design untuk prestasi melajar. Sampel
penelitian yang diambil menggunakan teknik purpossive sampling yang
sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh kelas XI MIPA 2
berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 berjumlah 31 orang
siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk
kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data
menggunakan uji-t dua sampel independen menunjukan bahwa 1) terdapat
pengaruh pembelajaran dengan model problem solving fisika terhadap prestasi
belajar, dimana thitung>ttabel (2,61>2,00) pada taraf signifikansi 5%. 2) terdapat
pengaruh pembelajaran dengan model problem solving fisika terhadap
kemampuan berfikir kritis untuk kelas eksperimen yang diukur dengan cara
menghitung selisih antara nilai rata-rata posttest dan nilai rata-rata pretest. Nilai
rata-rata pretest sebesar 32,24, nilai rata-rata posttest sebesar 79,8 dan selisih
antara nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 47,6 dengan kategori kritis.
Kata Kunci: Model Problem Solving Fisika, Kemampuan Berfikir Kritis, Prestasi
Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:38 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14104 |