PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 5 Kaur)

Endi, Yufri and Sakti, Indra and Desy, Hanisa Putri (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 5 Kaur). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI YUFRI ENDI (A1E014004).pdf] Text
SKRIPSI YUFRI ENDI (A1E014004).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yufri Endi, 2018. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa Yang Diajarkan
Melalui Model Discovery Learning Dengan Problem Based Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika yang diajarkan
melalui model discovery learning, hasil belajar fisika yang diajarkan melalui
model problem based learning dan perbedaan hasil belajar fisika antara siswa
yang diajarkan melalui model discovery learning dengan siswa yang diajarkan
melalui model problem based learning di SMAN 5 Kaur. Jenis penelitian ini
adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik
total sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh
kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X MIPA2 sebagai kelas
eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar penilaian
psikomotorik untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 kaur,
model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA
Negeri 5 kaur dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji-T dua sampel
independen menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dengan model
discovery learning dan problem based learning. Hal ini dapat dilihat dari skor
rata-rata hasil belajar yaitu thitung > ttabel (2,65 > 1,66).
Kata kunci : Discovery learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200