Amin, Suraedi and Idrus, Irdam and Kasrina, Kasrina (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN EKSPOLARASI TUMBUHAN OBAT DI SUKU PEKAL KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA TENERA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Alrevi Oktavia Br. Sitorus.pdf [thumbnail of Skripsi Alrevi Oktavia Br. Sitorus.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Alrevi Oktavia Br. Sitorus.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar
siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model siklus belajar 5E di kelas VIIIF
SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom
Action Research dengan metode deskriptif yang menggunakan dua siklus, masing-masing siklus
terdiri dari tahapan antara lain: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation)
dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA-biologi dan siswa kelas VIIIF
SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk menggambarkan
aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk menggambarkan hasil belajar siswa.
Hasil analisa data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 27 dengan
kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 30 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk
aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 25,5 dengan kriteria cukup, kemudian
meningkat pada siklus II menjadi 29,5 dengan kriteria baik. Hasil analisa data hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 2,95 dengan kriteria tuntas, kemudian
meningkat pada siklus II sebesar 3,23 dengan kriteria tuntas. Sedangkan pada persentase
ketuntasan belajar klasikal menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I
sebesar 87% dengan kriteria tuntas, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 93,9% dengan
kriteria tuntas. Dari hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran siklus belajar 5E dapat meningkatkan hasil belajar IPA-biologi siswa kelas VIIIF SMPN 2
Kota Bengkulu.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, siklus belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:12 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14112 |