PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIG SMPN 10 KOTA BENGKULU

Yusmardi, Bunga and Irdam, Idrus and Abdul, Rahman (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIG SMPN 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI BUNGA YUSMARDI.pdf] Text
SKRIPSI BUNGA YUSMARDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran
berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri
dari dua siklus, Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan seluruh
peserta didik kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang
berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik, sedangkan lembar
tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar
peserta didik dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar
secara klasikal. Hasil analisa data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor
rata-rata 28 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan
kriteria baik. Hasil analisa data observasi aktivitas peserta didik siklus I diperoleh
rata-rata 27,5 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan
kriteria baik. Hasil analisa hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh
persentase ketuntasan belajar klasikal 75% dengan kriteria tidak tuntas, pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% dengan kriteria tuntas.
Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi
pencemaran lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik di kelas VIIG SMPN 10 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas, hasil belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200