Indriani, Elsy and Yennita, Yennita and Irdam, Idrus (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA2 SMAN 4 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ELSY.pdf [thumbnail of SKRIPSI ELSY.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELSY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X IPA2
SMAN 4 Bengkulu Selatan dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis
Masalah.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode
deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu :
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah guru dan seluruh peserta didik kelas X IPA2 SMAN 4 Bengkulu Selatan. Variabel penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar
peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes.
Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil
analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 33, 5 (Baik), dan
pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 35 (Baik). Hasil analisis data aktivitas
peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 32,5 (Baik), pada siklus II skor
aktivitas peserta didik menjadi 34 (Baik). Data hasil belajar peserta didik pada siklus
I dianalisis berdasarkan kategori ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase
ketuntasan belajar klasikal yaitu 52,4% yang termasuk dalam kategori belum tuntas
dan pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan
ketuntasan belajar klasikal yaitu 81% dan termasuk dalam kategori tuntas. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan kelas
X IPA2 SMAN 4 Bengkulu Selatan. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Pencemaran
Lingkungan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:55 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:55 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14132 |