Novita, Fidya and Irawati, Sri and Dewi, Jumiarni (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII5 SMPN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi full HB 1.pdf [thumbnail of skripsi full HB 1.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi full HB 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN
SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL
BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
DI KELAS VIII5 SMPN 4 KOTA BENGKULU
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru,
aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar menggunakan model discovery
learning dengan pendekatan saintifik di Kelas VIII5 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian
ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru
peneliti dan seluruh siswa kelas VIII5 SMPN 4 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini
adalah model discovery learning, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta
didik dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi
dan tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 18
(baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 21 (baik). Hasil analisis data
aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 18 (baik) dan pada siklus II skor
aktivitas siswa menjadi 21 (baik). Selanjutnya persentase ketuntasan hasil belajar
pada siklus I yaitu 65,71% yang termasuk kedalam kategori belum tuntas dan pada
siklus II persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan
menjadi 82,85% dan termasuk dalam kategori tuntas. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik di Kelas VIII5 SMPN 4 Kota Bengkulu.
Kata kunci : model discovery learning, pendekatan saintifik , aktivitas, dan hasil
belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 09:00 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 09:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14134 |