PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DENGAN BANTUAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII7 SMPN 04 KOTA BENGKULU

Sari, Novi Puspita and Yennita, Yennita and Sri, Irawati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DENGAN BANTUAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII7 SMPN 04 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI NOVI.pdf] Text
SKRIPSI NOVI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas
belajar peserta didik, kemampuan membuat mind mapping dan hasil belajar
kognitif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan
bantuan teknik mind mapping di kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu pada materi
sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu:
tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu
tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 35 peserta didik. Variabel penelitian ini
adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur, teknik mind mapping, aktivitas
mengajar guru dan belajar peserta didik serta hasil belajar. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini yaitu observasi, penilaian mind mapping dan tes.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian
mind mapping dan lembar tes. Hasil penelitian dari analisa data observasi guru
siklus I diperoleh skor rata-rata 26 (baik), siklus II menjadi 30 (baik). Hasil
analisis data observasi peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 24 (baik),
siklus II menjadi 30 (baik). Hasil analisis data penilaian kemamppuan membuat
mind mapping siklus I diperoleh persentase nilai 65% (baik), siklus II menjadi
80% (baik). Kemudian hasil belajar ranah kognitif siklus I mendapatkan
persentase 65,71%, siklus II menjadi 85,71%. Dari hasil penelitian disimpulkan
bahwa model pembelajaran Inkuiri terstruktur dengan bantuan teknik mind
mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII7 SMPN 04
Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Inkuiri Terstruktur, Mind Mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:16
Last Modified: 03 Aug 2023 02:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200