Nurjanah, Nurjanah and Irawati, Sri and Yennita, Yennita (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII6 SMPN 1 KOTA BENGKULU (Classroom Action Reaserch). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi nurjanah.pdf [thumbnail of Skripsi nurjanah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi nurjanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas
siswa dan hasil belajar dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) di kelas VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VII6 SMPN 1 Kota
Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan
lembar tes. Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu
26,5 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 28,5 (Baik). Pada
siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata yaitu 26,5 (Baik) dan pada
siklus II skor aktivitas belajar peserta didik menjadi 29 (Baik). Hasil analisis
persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I yaitu 75,75% (tidak
tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 84,84% (tuntas). Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas
VII6 SMPN 1 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Aktivitas, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 02:16 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14162 |