AMBARITA, ROLLYCE PUTRI and Suparman, Suparman and Nurhayati, Darubekti (2023) MOTIVASI BELAJAR DALAM PENYELESAIAN STUDI PADA MAHASISWA PENERIMA BIDIKMISI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI MOTIVASI BELAJAR DALAM PENYELESAIAN STUDI PADA MAHASISWA PENERIMA BIDIKMISI - Rollyce Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aset untuk memajukan suatu bangsa. 
Pendidikan menjadi suatu cara mencerdaskan, menciptakan sumber daya yang 
berkualitas, unggul serta memiliki keterampilan. Seringkali keadaan ekonomi 
menjadi alasan yang membatasi seseorang untuk melanjutkan pendidikannya. 
Namun di era sekarang ini, pemerintah telah menyediakan berbagai kebijakan 
untuk keterbatasan ekonomi ini, salah satunya adalah Bidikmisi atau Biaya 
Pendidikan Miskin Berprestasi. Program ini menjadi solusi bagi mahasiswa yang 
tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi yang baik dalam akademik, 
sehingga dapat menempuh pendidikannya. Bantuan biaya pendidikan yang 
diberikan selama 8 semester atau dalam 4 tahun masa studi, tentu merupakan 
suatu tanggung jawab yang besar bagi mahasiswa penerima Bidikmisi. Oleh 
karena itu, pentingnya mahasiswa memiliki motivasi dalam menyelesaikan studi. 
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data 
deskriptif mengenai Motivasi belajar dalam penyelesaian studi pada mahasiswa 
penerima Bidikmisi berdasarkan informasi yang diperoleh dari 14 informan dari 
mahasiswa penerima Bidikmisi semester akhir fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu 
Politik Universitas Bengkulu yang ditentukan melalui teknik puposive sampling. 
Motivasi belajar dalam penelitian ini dipengaruhi oleh indikator motivasi belajar, 
antara lain: adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan kebutuhan 
belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam 
belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, serta adanya lingkungan 
belajar yang kondusif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya indikator 
motivasi belajar yang tidak terpenuhi akan mempengaruhi pencapaian-pencapaian 
belajar mahasiswa, tidak terpenuhinya indikator motivasi belajar akan 
mengakibatkan proses belajar yang
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare | 
| Depositing User: | 58 darti daryanti | 
| Date Deposited: | 02 Aug 2023 07:38 | 
| Last Modified: | 02 Aug 2023 07:38 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14175 | 

