PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIID SMP NEGERI 2 BENGKULU SELATAN PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

Safitri, Rahma and Idrus, Irdam and Irwandi, Ansyori (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIID SMP NEGERI 2 BENGKULU SELATAN PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMA S.pdf] Text
SKRIPSI RAHMA S.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan
hasil belajar peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
di kelas VIID SMPN 2 Bengkulu Selatan dengan menerapkan model
Pembelajaran Numbered Head Together. Jenis penelitian adalah penelitian
tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian terdiri dua siklus, setiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek
penelitian adalah guru dan peserta didik kelas VIID SMPN 2 Bengkulu Selatan. Variabel penelitian adalah model Pembelajaran Numbered Head Together dan
hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes.
Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data
aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 27,5 (Baik), dan pada siklus II skor
menjadi 29 (Baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik siklus I diperoleh
skor rata-rata 27 (Baik), pada siklus II skor menjadi 28,5 (Baik). Data hasil belajar
peserta didik siklus I dianalisis berdasarkan kategori ketuntasan belajar klasikal
dan diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 59,37% (belum tuntas)
dan siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal 84,37%
(tuntas). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model Pembelajaran Numbered
Head Together meningkatkan hasil belajar peserta didik materi interaksi makhluk
hidup dengan lingkungan kelas VIID SMPN 2 Bengkulu Selatan. Kata Kunci: hasil belajar, interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, Numbered
Head Together

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:17
Last Modified: 03 Aug 2023 02:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200