UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU

Hindami, Rizka and Irawati, Sri and Irdam, Idrus (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR
PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KELAS
VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas pesert
didik, dan keterampilan menalar dengan Model Problem Based Learning (PBL)
pada materi sistem ekskresi peserta didik kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah
guru dan seluruh peserta didik kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu. Variabel
penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL), aktivitas guru,
aktivitas peserta didik, dan keterampilan menalar. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu
lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik dan lembar tes. Hasil analisis data
aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 28 (Baik), dan pada siklus II
skor aktivitas guru menjadi 31,5 (Baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik
pada siklus I diperoleh skor rata-rata 28,5 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas
peserta didik menjadi 32 (Baik). Selanjutnya hasil analisis data keterampilan
menalar peserta didik pada siklus I yaitu 3,25 (Baik) dan berdasarkan hasil analisis
keterampilan menalar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan dengan
rerata yaitu 3,52 (Sangat Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas guru dan
aktivitas peserta didik serta keterampilan menalar peserta didik kelas VIII 3 SMPN
1 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas, Menalar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:17
Last Modified: 03 Aug 2023 02:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200