PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII8 SMPN 4 KOTA BENGKULU

Ningsih, Sarah Marta and Irawati, Sri and Irdam, Idrus (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII8 SMPN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi PDF.pdf] Text
Skripsi PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (48MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi
Pencemaran Lingkungan di Kelas VII8 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus
terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII8 SMPN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017,
sedangkan peneliti berperan sebagai guru. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based
Learning, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata�rata yaitu 26 (Baik), pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 28 (Baik). Hasil analisis data aktivitas
siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 26 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas siswa menjadi
29 (Baik). Selanjutnya data hasil belajar siswa pada siklus I dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan
belajar klaksikal pada hasil belajar kompetensi pengetahuan siklus I mendapatkan persentase 80,6%,
siklus II menjadi 88,9%, pada hasil belajar kompetensi sikap siklus I mendapatkan persentase 83,3%,
siklus II menjadi 100%, pada hasil belajar kompetensi keterampilan siklus I dan siklus II mendapatkan
persentase 100%. Disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas VII8 SMPN 4 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:16
Last Modified: 03 Aug 2023 02:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200