PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIIE SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Liayunika, Try and Irawati, Sri and Yennita, Yennita (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIIE SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI REAL TRY LIA.pdf] Text
SKRIPSI REAL TRY LIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA
MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS
VIIE SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
Pembelajaran Berbasis Masalah yang dilakukan guru dan kemampuan
memecahkan masalah peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 6 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah
guru dan seluruh peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Variabel
penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan
Memecahkan masalah peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini yaitu observasi dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar
observasi dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor
rata-rata yaitu 25,5 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 30
(Baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata�rata 25,5 (Baik), pada siklus II skor aktivitas peserta didik menjadi 30 (Baik).
Data hasil kemampuan peserta didik memecahkan masalah pada siklus I dianalisis
berdasarkan kategori ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase
ketuntasan belajar klasikal yaitu 61% yang termasuk dalam kategori belum tuntas
dan pada siklus II kemampuan peserta didik memecahkan masalah mengalami
peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 85% dan termasuk dalam
kategori tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan peserta didik
memecahkan masalah.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan memecahkan
masalah, Pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:16
Last Modified: 03 Aug 2023 02:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200