PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X TGG (TEKNIK GEOMATIKA DAN GEOVISUAL) 2 SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Zulfiar, Doni and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X TGG (TEKNIK GEOMATIKA DAN GEOVISUAL) 2 SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Doni Zulfiar.pdf] Text
Skripsi Doni Zulfiar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik modeling terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa
kelas X TGG 2 SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre�test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang
memiliki penyesuaian diri yang rendah dan sangat rendah. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh
yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling
terhadap peningkatan penyesuaian diri. Hal ini terlihat dari mean pre-test = 86,8
dan mean post-test = 146 dengan nilai uji beda t yaitu thitung = 14.572 > ttabel =
2,262 dan p = 0,000 (p<0,05). Artinya layanan bimbingan kelompok dengan
teknik modeling berpengaruh dalam peningkatan penyesuaian diri siswa.
Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Penyesuaian Diri.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:45
Last Modified: 03 Aug 2023 08:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item
View Item