Jundi, Iqbal Al and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2017) DESKRIPSI PENINGKATAN KARAKTER SISWA PASCA DILAKUKAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU BIDANG STUDI DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi IQBAL AL JUNDI A1L013053.pdf [thumbnail of Skripsi IQBAL AL JUNDI A1L013053.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi IQBAL AL JUNDI A1L013053.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian inimendeskripsikan peningkatan karakter siswa setelah
dilakukan pendidikan karakter oleh guru bidang studi di SMP Negeri 4 Kota
Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VII
SMP Negeri 4 Kota Bengkulu sebanyak 311 orang baik sebelum mendapatkan
pendidikan karakter maupun setelah mendapatkan pendidikan karakter yang
diberikan oleh oleh Guru Bidang Studi diambil menggunakan teknik total
sampling. Penelitian ini menggunakan pedoman penelitian evaluasi dengan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis dokumen dan dianalisis
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa nilai rata�rata kejujuran siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 81
dikategorikan baik, nilai rata-rata disiplin siswa setelah dilakukan pendidikan
karakter sebesar 84,3 dikategorikan baik., nilai rata-rata tanggung jawab siswa
setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 89,5 dikategorikan sangat baik,
nilai rata-rata toleransi siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 86,2
dikategorikan sangat baik, nilai rata-rata gotong royong siswa setelah dilakukan
pendidikan karakter sebesar 83,4 dikategorikan baik, nilai rata-rata sopan santun
siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 79,2 dikategorikan baik dan
nilai rata-rata percaya diri siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar
74,2 dikategorikan baik. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan karakter siswa setelah dilakukan
pendidikan karakter oleh guru bidang studi.
Kata Kunci : Siswa, Pendidikan Karakter, Deskriptif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:18 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14213 |