Prayogi, Afrian Reastu and Elfrida, Elfrida and Mei, Hardiah (2018) AN INVESTIGATION OF LISTENING COMPREHENSION STRATEGIES USED BY SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITY OF BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![AFRIAN REASTU PRAYOGI (A1B014036) - SKRIPSI.pdf [thumbnail of AFRIAN REASTU PRAYOGI (A1B014036) - SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AFRIAN REASTU PRAYOGI (A1B014036) - SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Prayogi, Afrian Reastu. 2018. An Investigation of Listening Comprehension
Strategies Used by Sixth Semester Students of English Education
Study Program at University of Bengkulu. Supervisor Dra. Elfrida,
M.Pd. and Co. Supervisor Mei Hardiah, S.S., M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komprehensi menyimak yang
digunakan oleh mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris di Universitas Bengkulu. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun
akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif
dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen.
Kuesioner tersebut terdiri dari 35 pernyataan yang mewakili penggunaan strategi
komprehensi menyimak dari strategi kognitif, metakognitif, dan sosio-afektif.
Penelitian ini menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi
22 untuk menganalisis data. Skema peringkat Oxford (1990) untuk penggunaan
strategi digunakan untuk menentukan kategori dari penggunaan strategi
komprehensi menyimak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa
menggunakan strategi kognitif, metakognitif, dan sosio-afektif dalam
komprehensi menyimak. Penggunaan strategi kognitif adalah yang tertinggi dalam
komprehensi menyimak dengan nilai rata-rata 3.54 (tinggi), diikuti oleh strategi
sosio-afektif dengan nilai rata-rata 3.43 (sedang) dan strategi metakognitif dengan
nilai rata-rata 3.4 (sedang). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
mahasiswa sebagian besar menggunakan strategi ketika mengerjakan tugas
menyimak di kelas, dengan menggunakan kemampuan leksikal dan gramatikal
serta latar belakang pengetahuan untuk memahami materi-materi dalam
menyimak.
Kata kunci: strategi komprehensi menyimak, strategi kognitif, strategi
metakognitif, strategi sosio-afektif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:14 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14249 |