THE CORRELATION BETWEEN ENGLISH LEARNING MOTIVATION AND ENGLISH PROFICIENCY ACHIEVEMENT OF ENGLISH STUDY PROGRAM STUDENTS

Purwanti, Debora and Puspita, Hilda and Mulyadi, Mulyadi (2018) THE CORRELATION BETWEEN ENGLISH LEARNING MOTIVATION AND ENGLISH PROFICIENCY ACHIEVEMENT OF ENGLISH STUDY PROGRAM STUDENTS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DEBORA PURWANTI pdf.pdf] Text
SKRIPSI DEBORA PURWANTI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Purwanti, Debora. (2018). The Relationship between English Learning
Motivation and English Proficiency Achievement of English Study Program
Students. Thesis. Bengkulu: University of Bengkulu. Supervisor: Dra. Hilda
Puspita, M.A., Co Supervisor: Drs. Mulyadi, M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Inggris dan
nilai kemampuan bahasa Inggris, dan juga mengetahui korelasi antara motivasi
belajar bahasa Inggris dan kemampuan bahasa Inggris dari mahasiswa Program
Studi Bahasa Inggris. Desainnya adalah kuantitatif korelasi. Dalam penelitian ini,
sejumlah 77 mahasiswa diminta untuk melengakapi angket motivasi dan
mengerjakan tes TOEFL. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa dikategori ‘tinggi’. Hasilnya dapat
dilihat dari total mean 3.59 yang mengidentikasikan bahwa mahasiswa tersebut
memiliki motivasi yang tinggi dengan motivasi intrinsik yang paling dominan.
Sedangkan, nilai kemampuan bahasa Inggris dari mahasiswa menunjukkan bahwa
mereka memiliki level ‘sedang’ di kemampuan bahasa Inggris dengan rentang
skor antara 400-499. Hasil lain menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara motivasi belajar bahasa Inggris dan kemampuan bahasa Inggris. Hal ini dapat dibuktikan dari rcount (0.346) > rtable (0.224), level signifikan 5%; ada
hubungan antara intrinsik motivasi mahasiswa dan kemampuan bahasa Inggris , rcount (0.348) > rtable (0.233); dan tidak ada hubungan antara extrinsik motivasi
mahasiswa dan kemampuan bahasa Inggris mereka , rcount (0.307) < rtable (0.811). Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara motivasi belajar bahasa Inggris
dan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa di level lemah.
Kata Kunci: Motivation, Kemampuan Bahasa Inggris, TOEFL, Hubungan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:15
Last Modified: 16 Aug 2023 04:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14262

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200