Leska, Ariani and Afriazi, Rudi and Bambang, Suwarno (2018) AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER-MADE READING TESTS IN VIEW OF COGNITIVE DOMAIN OF REVISED BLOOM‟S TAXONOMY AT SMPN 20 BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Leska Ariani (A1B014080) - SKRIPSI. pdf.pdf [thumbnail of Leska Ariani (A1B014080) - SKRIPSI. pdf.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Leska Ariani (A1B014080) - SKRIPSI. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Ariani, Leska. (2018). “An Analysis of English Teacher-Made Reading Tests in
View of Cognitive Domain of Revised Bloom’s Taxonomy at SMPN 20
Kota Bengkulu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,
Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Drs. Rudi Afriazi, M.Ed.
and Pembimbing Pendamping: Drs. Bambang Suwarno, M.A. Ph.D.
Abstrak- Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui kategori
dari komponen ranah kognitif Revisi Taksonomi Bloom dalam 12 tes bacaan
yang dibuat oleh guru bahasa Inggris di SMPN 20 Kota Bengkulu, Indonesia.
Populasi dari penelitian ini adalah 12 tes bacaan. Sampel dari penelitian ini adalah
semua soal pilihan ganda dan essay yang terdiri dari 256 soal yang di buat oleh 3
orang guru bahasa Inggris. Penelitian ini menggnakan tehnik pengambilan semua
data. Data diambil dengan menggunakan instrument checklist yang dikemukakan
oleh teori Checklist kemudian juga digunakan untuk menganalisis tingkatan dari
ranah kognitif seperti, mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis,
mengevaluasi, dan menciptakan. Hasil dari peneitian menunjukkan bahwa ada 48
(18,75%) soal yang menggunakan tingkatan mengingat, 35 (13,67%) soal yang
menggunakan tingkatan memahami, 106 (41,40%) soal yang menggunakan
tingkatan menerapkan, 65 (25,4%) soal yang menggunakan tingkatan
menganalisis, dan 2 (0,78%) soal yang menggunakan tingkatan mengevaluasi. Tes
bacaan yang di buat oleh guru bahasa Inggris di SMPN 20 Kota Bengkulu
mengandung hampir seluruh komponen dari kecuali tingkatan menciptakan atau
tingkatan yang paling tinggi. Dapat disimpulkan bahwa ranah kognitif dari revisi
Taksonomi Bloom yang paling dominan adalah tingaktan menerapkan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, tes bacaan yang dibuat oleh guru SMPN 20
Kota Bengkulu mungkin memerlukan perbaikan untuk memenuhi persyaratan
sebagai tes yang baik.
Kata Kunci: Tes Bacaan, Ranah Kognitif, Taksonomi Bloom.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14290 |