Novita, Andriani and Mulyadi, Mulyadi and Alamsyah, Harahap (2018) A STUDY OF 2 ND SEMESTER STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT THE ENGLISH STUDY PROGRAM OF THE UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Novita Andriani (A1014028 SKripsi) siap bakar.pdf [thumbnail of Novita Andriani (A1014028 SKripsi) siap bakar.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Novita Andriani (A1014028 SKripsi) siap bakar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Andriani, Novita. 2018. A Study of 2nd Semester Student’s Motivation in Learning
English at English Study Program of Universitas Bengkulu. Supervisor
Drs. Mulyadi, M.A. and Co. Supervisor Dr. Alamsyah Harahap,
M.Lib.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe motivasi mahasiswa dan
menganalisa alasan-alasan dari motivasi mahasiswa yang dimiliki dalam belajar
bahasa Inggris oleh mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris di Universitas Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa
semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2017/2018.
Sampel dari penelitian ini sebanyak 54 mahasiswa atau 50% dari populasi itu sendiri.
Teknik pengambilan data dari penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Metode dari penelitian ini adalah metode campuran (deskripsi kuantitatif dan
kualitatif) dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara
sebagai instrumen. Kuesioner terdiri dari 30 item pertanyaan dan untuk wawancara
terdiri dari 4 pertanyaan yang mana keduanya di adaptasi dari penelitian Lai (2013)
yang keseluruhan mewakili penggunaan dari motivasi siswa dari motivasi intrinsik,
motivasi ektrinsik, motivasi instrumental, dan motivasi integratif. Skema rating dari
Oxford (1990) digunakan untuk menentukan kategori dari penggunaan motivasi siwa
yang dimiliki. Hasil dari data analisis menunjukkan bahwa mahasiswa mempunyai
motivasi instrumental dan instrinsik motivasi. Motivasi instrumental merupakan yang
paling dominan dalam belajar bahasa Inggris dengan skor rata-rata 3.4 (sedang) atau
87.03% dalam persentase, diikuti oleh motivasi intrinsik dengan skor rata-rata 3.4
(sedang) atau 86.51% dalam persentase. Dan untuk alasan-alasan dari motivasi siswa
dalam belajar bahasa Inggis, hasil dari data analisis menunjukkan bahwa mahasiswa
mempunyai motivasi instrumental (orang tua dan pekerjaan) dan motivasi intrinsik
(diri sendiri) sebagai alasan yang dominan dari motivasi siswa dalam mempelajari
bahasa Inggris. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa semester dua dalam
program studi bahasa Inggris memiliki motivasi instrumental dan motivasi intrinsik
dan alasan dalam belajar bahasa Inggris adalah orang tua, pekerjaan dan motivasi
intrinsik.
Kata Kunci: Motivasi Siswa, Belajar Bahasa Inggris, Motivasi Intrinsik, Motivasi
Ektrinsik, Motivasi Instrumental, Dan Motivasi Integratif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:19 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14306 |