Gustiana, Putri Amanda and Afriazi, Rudi and Hilda, Puspita (2018) THE COMPARATIVE STUDY BETWEEN READING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL AND UNSUCCESSFUL STUDENTS (The Sixth Semester Students of English Study Program University of Bengkulu 2015/2016 Academic Years). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI PUTRI AMANDA GUSTIANA.pdf [thumbnail of SKRIPSI PUTRI AMANDA GUSTIANA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PUTRI AMANDA GUSTIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
Gustiana, Putri Amanda (2018). Penelitian perbandingan antara Strategi Belajar
membaca yang digunakan oleh Mahasiswa yang sukses dan tidak sukses
Bahasa Inggris. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Pembimbing
Utama: : Drs. Rudi Afriazi. M.Ed, Pembimbing Pendamping Dra. Hilda
Puspita, Dip. TESL M.A.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-stategi yang digunakan
mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam belajar
membaca Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan
model penelitian perbandingan. Populasi dalam penelitian ini adalah 74
mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas
Bengkulu tahun akademik 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah
74 mahasiswa yang terdiri dari 59 mahasiswa sukses dan 15 mahasiswa
tidak sukses. Dan itu merupakan semua dari total populasi. Data
dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket
tersebut terdri dari 45 pernyataan tentang strategi belajar membaca bahasa
Inggris yang berdasarkan teori dari Oxford (1990) yang terdiri dari enam
kategori dari strategi membaca Bahasa Inggris. Keenam kategori tersebut
yaitu, strategi terkait ingatan, metakognitif, kognitif, kompensasi, afektif
dan social. Instrument yang digunakan pada penelitian ini merupakan
adoptasi dari angket Tabehinejad(2015). Sedangkan instrument
dokumentasi merupakan transkrip nilai mahasiswa. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa antara mahasiswa yang tidak sukses dan sukses di
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan seluruh kategori
dari strategi membaca bahasa Inggris tersebut. Strategi yang paling sering
digunakan oleh mahasiswa tidak sukses dalam belajar membaca bahasa
Inggris adalah strategi kognitif dan sosial. Sedangkan Strategi yang paling
sering digunakan oleh mahasiswa sukses dalam belajar membaca bahasa
Inggris adalah strategi sosial.
Kata kunci: Strategi Belajar membaca Bahasa Inggris, Mahasiswa tidak sukses,
Mahasiswa sukses
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:21 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14319 |