MULTILINGUAL LEARNERS’ ATTITUDE TOWARD CODE�SWITCHING IN ENGLISH CLASSROOM (A CASE STUDY OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS OF BENGKULU UNIVERSITY IN THE ACADEMIC YEAR 2017/2018)

Ibralinanto, Yohan and Kasmaini, Kasmaini and Imranuddin, Imranuddin (2018) MULTILINGUAL LEARNERS’ ATTITUDE TOWARD CODE�SWITCHING IN ENGLISH CLASSROOM (A CASE STUDY OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS OF BENGKULU UNIVERSITY IN THE ACADEMIC YEAR 2017/2018). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of YOHAN IBRALINANTO (A1B014057) - SKRIPSI.pdf] Text
YOHAN IBRALINANTO (A1B014057) - SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Ibralinanto, Yohan. 2018. Multilingual Learners’ Attitude Toward Code-Switching in
English Classroom (A Case Study of English Education Study Program
Students of Bengkulu University in The Academic Year 2017/2018).
Supervisor Kasmaini, S.S., M.Pd. and Co. Supervisor Drs. Imranuddin,
M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sikap mahasiswa semester empat program
studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun angkatan 2017/2018
terhadap penggunaan alih bahasa pada pelajaran Bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, data penelitian ini diperoleh melalui
kuisioner dan wawancara yang digunakan sebagai instrumen. Kuisioner yang digunakan
berisi 23 pernyataan yang mewakili sikap mahasiswa terhap penggunaan alih bahasa yang
dibagi menjadi tiga grup pernyataan diantaranya: sikap mahasiswa terhadap alih bahasa
yang digunakan gurunya, sikap mahasiswa terhadap alih bahasa yang digunakan
mahasiswa lainnya dan alasan menggunakan alih bahasa dan wawancara dilakukan untuk
menemukan informasi tambahan dan mengkonfirmasi respon mahasiswa di kuisioner.
Data yang diperoleh melalui kuisioner dianalisa menggunakan rumus-rumus MS. Excel
2016 untuk menyajikan respon yang lebih dominan melalui format persentase pada setiap
pernyataan yang bertujuan untuk menentukan sikap mahasiswa berdasarkan respon dan
hasil dari wawancara dianalisa secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa para
mahasiswa memiliki sikap yang positif terhadap alih bahasa yang digunakan gurunya
karena itu berguna untuk perkembangan belajar mereka dan para mahasiswa memiliki
sikap negatif pada alih bahasa yang mereka gunakan sendiri karena khawatir dianggap
tidak fasih berbahasa Inggris.
Kata kunci: Sikap pelajar multibahasa terhadap alih bahasa, pelajar bahasa yang
bermultibahasa, sikap positif, sikap negatif.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:16
Last Modified: 08 Aug 2023 02:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200