PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS/CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Wahidah, Hijriatul and Utomo, Padi and Arono, Arono (2022) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS/CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI - HIJRIATUL WAHIDAH (A1A017031).pdf] Text
SKRIPSI - HIJRIATUL WAHIDAH (A1A017031).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahidah, Hijriatul. 2022. Pembelajaran Menulis Puisi Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca
Dan Menulis/CIRC (Cooperative Integrated And Composition)
Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Program
Studi Bahasa Indoensia. FKIP. Universitas Bengkulu.
Pembimbing Utama Drs. Padi Utomo, M.Pd. dan Pembimbing
Pendamping Prof.Dr. Arono, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model
pembelajaran Kooperatif terpadu membaca dan menulis/CIRC pada
pembelajaran menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskripstif kualitatif. subjek pada penelitian ini guru yang melaksanakan
pembelajaran dan siswa yang sedang melaksanakan proses pembelajaran
menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu
membaca dan menulis/ CIRC. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini
menunjukan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan mengguanakan
model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis/CIRC
dilaksanakan sesuai dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang
dirancang oleh guru pada masa pandemi, Guru memberikan materi pembelajaran
dengan alokasi waktu 60 menit dalam satu pertemuan dengan satu pertemuan
dilakukan sebanyak dua fase pembelajaran dikarenakan faktor pandemi.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu
membaca dan menulis dilaksanakan dua kali pertemuan, kemudian guru
memberi penilaian pada hasil pembelajaran berdasarkan kriteria penilaian yang
terdapat pada rubrik dan disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
yang dibuat oleh guru.
Kata kunci : pembelajaran, pelaksanaan, menulis, puisi, membaca,CIRC

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:36
Last Modified: 09 Aug 2023 04:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200