SEMIOTIC ANALYSIS OF MEME IN FACEBOOK GROUP PAGE

Ramadhan, Allfathan Fachrul and Azwandi, Azwandi and Zahrida, Zahrida (2022) SEMIOTIC ANALYSIS OF MEME IN FACEBOOK GROUP PAGE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SEMIOTIC ANALYSIS OF MEME IN FACEBOOK GROUP PAGE(Proposal allfathan) revisi sidang.pdf] Text
SEMIOTIC ANALYSIS OF MEME IN FACEBOOK GROUP PAGE(Proposal allfathan) revisi sidang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ramadhan, Allfathan Fachrul. 2022. Semiotic Analysis of Meme in
Facebook Group Page. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dalam hal apa tanda semiotika
digunakan dan apa fungsi dari meme yang digunakan oleh pengguna dari
WHOLESOME MEMEPOSTING group page di Facebook. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah dua puluh meme yang ada di WHOLESOME MEMEPOSTING
group page di Facebook. Peneliti menganalisis data dengan menerapkan
teori semiotika dari Saussure (1916) dan Chandler (2001). Teori semiotika
Saussure (1916) digunakan untuk menganalisis dan menemukan tanda�tanda yang berhubungan dengan meme di halaman grup WHOLESOME
MEMEPOSTING. Dalam menganalisis tanda-tanda yang terkandung
dalam meme, karakteristik setiap meme akan dianalisis menggunakan teori
signifier dan signified Saussure. Selanjutnya, karakteristik setiap meme
dalam postingan dianalisis menggunakan teori semiotika Saussure dan
teori Chandler. hasil penelitian ini menemukan bahwa meme di halaman
grup umumnya menggunakan gambar binatang dan orang untuk
melambangkan meme, dan juga beberapa kalimat atau kata untuk
menjelaskan apa yang sedang terjadi atau apa yang ingin disampaikan oleh
orang yang memposting meme, dari dua puluh meme yang analisis
berfungsi untuk mengungkapkan pemikiran dan pengalaman atau
peristiwa yang sedang terjadi atau telah terjadi pada orang yang
mempostingnya. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan
penelitian lebih lanjut terhadap semiotika dengan pendekatan analisis dari
teori lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian ini agar pembaca
dapat memperoleh banyak referensi tentang semiotika.
Kata kunci: Saussure, Chandler, Semiotika, Meme, Facebook.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:49
Last Modified: 09 Aug 2023 08:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14441

Actions (login required)

View Item
View Item