INTERACTIONAL METADISCOURSE MARKERS IN READING PASSAGES FOR SENIOR HIGH SCHOOL PUBLISHED BY ERLANGGA AND KEMENDIKBUD

Verasela, Desy and Azwandi, Azwandi and Kasmaini, Kasmaini (2022) INTERACTIONAL METADISCOURSE MARKERS IN READING PASSAGES FOR SENIOR HIGH SCHOOL PUBLISHED BY ERLANGGA AND KEMENDIKBUD. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DESY VERASELLA A1B016014.pdf] Text
SKRIPSI DESY VERASELLA A1B016014.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Verasela, Desy. (2022). Interactional Metadiscourse Markers In Reading
Passages For Senior High School Published by Erlangga and
Kemendikbud. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kategori penanda metadiscourse
interaksional yang paling banyak ditemukan dalam buku teks bahasa Inggris, penanda
metadiscourse interaksional yang sering ditemukan dalam genre teks dan menyelidiki
perbedaan dan persamaan penggunaan penanda metadiscourse interaksional dalam
buku teks bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Erlangga dan Kemendikbud. Tabel
checklist dan dokumentasi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan
dengan menerapkan metode deskriptif kuantitatif. Peneliti menyajikan data dalam
bentuk numerik dan deskriptif. Data dianalisis dengan kerangka yang diusulkan oleh
Hyland (2005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanda metadiscourse
interaksional yang paling sering digunakan dalam buku teks adalah hedges.
Ditemukan juga bahwa sebagian besar penanda metadiscourse interaksional
ditemukan dalam teks hortatory exposition. Lebih lanjut, temuan tersebut
menunjukkan bahwa metadiscourse interaksional lebih banyak muncul di buku
Erlangga daripada di Kemendikbud. Dapat disimpulkan bahwa bahan bacaan dalam
buku teks Erlangga lebih variatif dan lebih banyak menggunakan penanda
metadiscourse interaksional. Dapat direkomendasikan bahwa peneliti masa depan
dapat menganalisis lebih lanjut penggunaan penanda metadiscourse yang tepat di
bawah korpus serupa untuk menganalisis materi bahasa Inggris terbaru dalam buku
teks untuk menemukan studi terbaru yang akan mengarah pada temuan kontributif
lebih update di ranah metadiscourse.
Kata kunci: Buku teks bahasa Inggris, bacaan, genre teks, penanda metadiscourse
interaksional.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:50
Last Modified: 09 Aug 2023 08:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item
View Item