Nuryadina, Amelianti Maghfira and Damayanti, Indah and Kasmaini, Kasmaini (2022) AN ANALYSIS OF SOCIAL DEIXIS USED IN CRAZY RICH ASIAN MOVIE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_AMELIANTI MAGHFIRA NURYADINA_AN ANALYSIS OF SOCIAL DEIXIS USED IN CRAZY RICH ASIAN MOVIE_.pdf [thumbnail of SKRIPSI_AMELIANTI MAGHFIRA NURYADINA_AN ANALYSIS OF SOCIAL DEIXIS USED IN CRAZY RICH ASIAN MOVIE_.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_AMELIANTI MAGHFIRA NURYADINA_AN ANALYSIS OF SOCIAL DEIXIS USED IN CRAZY RICH ASIAN MOVIE_.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (589kB)
Abstract
ABSTRAK
Nuryadina, A.M. 2022. Analisis Deiksis Sosial yang Digunakan dalam
Film Crazy Rich Asian. Dosen Pembimbing Indah Damayanti, S.S
M.R,S. dan Dosen Pembimbing Pendamping Kasmaini, S.S., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kategori-kategori deiksis
sosial dalam Film Crazy Rich Asian dengan menggunakan teori Fillmore (1989)
dan untuk menganalisis penggunaan deiksis sosial dalam Film Crazy Rich Asian
dengan menggunakan teori Levinson (1983). Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif-kualitatif karena mendeskripsikan deiksis sosial berdasarkan ujaran- ujaran dalam naskah film. Data dikumpulkan dari naskah film Crazy Rich Asian
dan menonton film Crazy Rich Asian untuk memperkuat tuturan dalam naskah
film. Tabel disediakan oleh peneliti sebagai instrumen untuk mengumpulkan dan
menganalisis data. Dalam penelitian ini, temuan pertama menunjukkan 122
ucapan kategori deiksis sosial dengan 6 kategori deiksis ditemukan dalam film ini
dan terdiri dari 10 ucapan tanda orang, 11 ucapan tingkat bicara, 4 ucapan
perbedaan, 43 ucapan kehormatan, 33 ucapan tindakan sosial dan 5 ucapan kinerja
linguistik. Temuan kedua menunjukkan 67 ucapan menggunakan deiksis sosial
dan terdiri dari 48 ucapan keintiman, 15 ucapan kesantunan dan 4 ucapan otoritas.
Berdasarkan data di atas, tampaknya deiksis sosial dapat menggambarkan
penggunaan honorifik dan keintiman sebagai yang paling banyak digunakan
dalam film ini. Hal ini mencerminkan bahwa meskipun tokoh-tokohnya kaya dan
hidup di negeri barat, mereka tetap berusaha melestarikan bentuk dan norma
ketimuran dari akarnya, yang banyak memiliki nilai-nilai tentang keutamaan
berbakti, sopan santun, dan kejujuran. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya
untuk melanjutkan penelitian tentang analisis deiksis sosial di media lain seperti
talk show, bagian komentar platform, atau dalam iklan dengan menggunakan teori
deiksis sosial lain dan menggabungkan bidang semantik dengan yang lain. Seperti
sosiolinguistik, wacana, atau sebagainya.
Kata kunci: Deiksis, Deiksis Sosial, Film.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 08:50 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14450 |