Andira, Ratih and Arono, Arono and Wisman, Wisman (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS EDITORIAL BERBASIS PEDAGOGI GENRE KURIKULUM 2013 KELAS XII SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Ratih Andira A1A017018 .pdf [thumbnail of Skripsi Ratih Andira A1A017018 .pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Ratih Andira A1A017018 .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
ABSTRAK
Andira, Ratih. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Teks Editorial Berbasis Pedagogi Genre Kurikulum 2013 Kelas XII
SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Bengkulu. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arono, M.Pd. Pembimbing
(II) Wisman, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terbatasnya LKPD teks editorial berbasis
pedagogi genre dan LKPD yang ada baru sebatas LKPD berbasis teks. Penelitian
ini bertujuan mengembangkan produk bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja
Peserta Didik) teks editorial berbasis pedagogi genre yang berpedoman pada
kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan (Research and development) atau R&D, dengan mengadaptasi
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation,
and Evaluation), namun dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu
analisis kebutuhan, pengembangan, dan uji validasi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan berupa angket, dengan instrumen penelitiannya yaitu lembar
penilaian bahan ajar, lembar analisis kebutuhan bahan ajar guru, Lembar validasi
ahli, dan Lembar respon peserta didik. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan
oleh penulis yaitu menghasilkan suatu produk bahan ajar berupa LKPD teks
editorial yang layak digunakan, hal tersebut dibuktikan pada (1) Bahan ajar yang
digunakan guru berkriteria cukup dengan skor 59 dan 56, Kemudian pada tahapan
analisis kebutuhan guru mengharapkan bahan ajar yang sistematis dan praktis
untuk dikembangkan, (2) Bahan ajar didesain sangat maksimal oleh penulis, (3)
Pengembangan LKPD melalui empat tahapan yaitu menentukan KI dan KD,
Mendesain sampul, Membuat kerangka LKPD, dan merealisasikan kerangka
kedalam bentuk LKPD, (4) Produk LKPD berkategori sangat valid dengan skor
98,4 dan sangat praktis dengan skor 86.
Kata kunci : Pengembangan LKPD, Teks Editorial, Pedagogi Genre
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 01:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 01:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14465 |