CHARACTER VALUES IN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED “BAHASA INGGRIS THINK GLOBALLY ACT LOCALLY”

Lestiani, Annisa and Damayanti, Indah and Zahrida, Zahrida (2022) CHARACTER VALUES IN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED “BAHASA INGGRIS THINK GLOBALLY ACT LOCALLY”. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ANNISA LESTIANI-FKIP B.INGG.pdf] Text
SKRIPSI ANNISA LESTIANI-FKIP B.INGG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Lestiani, Annisa. (2022). Character Values in English Textbook Entitled
“Bahasa Inggris Think Globally Act Locally”. Undergraduate Thesis.
English Education Study Program of Language and Art Department.
Faculty of Teacher Training and Education. University of Bengkulu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidikan nilai karakter dan
untuk mengetahui apakah buku teks bahasa Inggris yang berjudul “Bahasa Inggris
Think Globally Act Locally” telah memenuhi delapan belas nilai karakter oleh
Kementerian Pendidikan Nasional (2010). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis
konten. Instrumen penelitian ini adalah checklist dan cek validitas dengan guru
yang mengajar di SMP. Data dikumpulkan dari checklist untuk mengetahui delapan
belas pendidikan nilai karakter dalam buku teks. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kedelapan belas nilai karakter tersebut sudah ada dalam buku teks.
Ditemukan rasa ingin tahu (16,9%), kepedulian sosial (13,6%), bersahabat /
komunikasi (13%), penghargaan (12,4%), disiplin (7,9%), kreativitas (6,8%),
demokrasi (5,7%), tanggung jawab (4,5%), kejujuran (4%), cinta tanah air (2,9%),
keagamaan (2,9%), toleransi (2,2%), cinta damai (1,7%), kerja keras (1,7%),
kemandirian (1,7%), minat baca (1,1%), peduli lingkungan (0,5%), semangat
kebangsaan (0,5%). Kesimpulannya adalah buku ajar yang digunakan oleh siswa
SMP kelas IX di Bengkulu khususnya SMPN 7 Kota Bengkulu telah memenuhi
nilai karakter delapan belas menurut Kementerian Pendidikan Nasional (2010),
namun untuk analisis lebih lanjut hendaknya lebih memperhatikan penerapan nilai�nilai karakter dalam kegiatan kelas.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Buku Teks Bahasa Inggris, Materi Berbicara,
Materi Bacaan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:56
Last Modified: 10 Aug 2023 01:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor