Sativa, Orela and Kasmaini, Kasmaini and Ildi, Kurniawan (2022) CORRELATION BETWEEN ANXIETY AND STUDENTS’ ABILITY IN INITIATING THE DISCUSSION. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ORELA SATIVA.pdf [thumbnail of SKRIPSI ORELA SATIVA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ORELA SATIVA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Sativa, O. 2022. Correlation between anxiety and students’ ability in initiating
the discussion. Supervisor Kasmaini, S.S, M.Pd. and Co-Supervisor Ildi
Kurniawan, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan
dengan kemampuan mahasiswa dalam memulai diskusi dan untuk mengetahui
tingkat kecemasan mahasiswa dalam memulai diskusi pada semester III Jurusan
Bahasa Inggris Universitas Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian ini
adalah korelasional dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel
penelitian ini adalah Jurusan Bahasa Inggris semester III Universitas Bengkulu,
jumlah mahasiswa 85 mahasiswa dari kelas A, B dan C. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner divalidasi dengan
menggunakan pendapat ahli. Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus
Cronbach’s Alpha pada software SPSS. Penelitian ini menggunakan tabel untuk
menunjukkan hasil output korelasi dan persentase hasil tingkat kecemasan dalam
bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sedang dan
negatif yang signifikan antara kecemasan dengan kemampuan siswa dalam
memulai diskusi. nilai korelasinya adalah -0,527. Hal ini menunjukkan bahwa arah
korelasi dalam penelitian ini adalah negatif dan level korelasi dalam korelasi
sedang. Kemudian sebagian besar siswa (63/85) dalam kecemasan tinggi saat
memulai diskusi. Artinya secara keseluruhan tingkat kecemasan mahasiswa
Jurusan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu adalah kecemasan yang tinggi dalam
memulai diskusi. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar
melakukan studi korelasi seperti; hubungan antara rasa takut dalam membuat
kesalahan dengan kemampuan siswa dalam memulai sebuah diskusi.
Kata Kunci: Diskusi, Kecemasan, Kemampuan, Korelasi, Memulai.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:19 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14478 |