EVELOPING AN ENGLISH SYLLABUS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS FOR DEVELOPMENT ECONOMICS STUDENTS AT BENGKULU UNIVERSITY

Siboro, Anjlyna and Puspita, Hilda and Sufiyandi, Sufiyandi (2022) EVELOPING AN ENGLISH SYLLABUS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS FOR DEVELOPMENT ECONOMICS STUDENTS AT BENGKULU UNIVERSITY. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of ANJLYNA SIBORO(A1B018038) 22 JULI 2022.pdf] Text
ANJLYNA SIBORO(A1B018038) 22 JULI 2022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siboro, Anjlyna.2022. Development an English Syllabus based on Higher Order
Thinking Skills for Development Economics Students at Bengkulu
University. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan
Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui silabus bahasa Inggris yang
sesuai untuk mahasiswa ekonomi pembangunan berdasarkan pendekatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dirancang sebagai
metode penelitian dan pengembangan. Menurut Sugiyono, langkah�langkah yang dirujuk oleh siklus R&D pada penelitian ini terdiri dari: (1)
identifikasi masalah, (2) pengumpulan data, (3) perancangan silabus, (4)
validasi silabus, ( 5) merevisi silabus, (6) uji coba silabus (7) final silabus.
Instrumen yang digunakan adalah seperangkat item angket untuk
mengumpulkan analisis kebutuhan dan satu set pertanyaan wawancara
untuk mengumpulkan informasi tambahan tentang analisis kebutuhan
siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Bahasa
Inggris, Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Kepala Kantor
Bidang-2 BAPPEDA Provinsi Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
adalah total sampling yaitu 89 mahasiswa, 1 dosen bahasa Inggris, 1
kepala jurusan ekonomi pembangunan, 1 kantor Bidang-2 BAPPEDA
Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian tersebut pertama tentang keterampilan
yang sangat dibutuhkan siswa yaitu membaca dan berbicara. Kedua,
adanya silabus yang digunakan oleh jurusan ekonomi pembangunan
bersifat umum. Ketiga, silabus yang sesuai untuk siswa ekonomi
pembangunan adalah silabus keterampilan berpikir tingkat tinggi karena
keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat membantu siswa untuk
mengembangkan kualitas berpikir mereka serta meningkatkan
keterampilan dan nilai mereka dengan menerapkan pengetahuan mereka.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan yang dibutuhkan siswa
adalah membaca dan berbicara kemudian silabus yang digunakan bersifat
umum sehingga perlu dirancang silabus keterampilan berpikir tingkat
tinggi. Semoga silabus pengembang berikutnya dapat melanjutkan silabus
ini pada pengembangan materi bahasa Inggris.
Kata kunci : Silabus, Analisis Kebutuhan. Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:20
Last Modified: 10 Aug 2023 08:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14484

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor