Winanda, Damba and Puspita, Hilda and Ildi, Kurniawan (2022) DEVELOPING COMMUNICATIVE ENGLISH SYLLABUS FOR MIDWIFE’S STUDENTS AT BENGKULU UNIVERSITY. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS DAMBA REJA WINANDA_A1B018001.pdf [thumbnail of THESIS DAMBA REJA WINANDA_A1B018001.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS DAMBA REJA WINANDA_A1B018001.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Winanda, Damba Reja.2022. Developing Communicative English Syllabus for
Midwife’s Students at Bengkulu Univerisity. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk
mengembangkan silabus bahasa Inggris berbasis pendekatan komunikatif yang
ditujukan untuk mahasiswa bidan di Universitas Bengkulu. Analisis kebutuhan
digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan bahasa Inggris
mahasiswa bidan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa bidan di Universitas
Bengkulu, dosen kebidanan, dosen bahasa Inggris, dan bidan di Puskesmas
Bentiring Permai. Teknik pengambilan sampel pertama adalah random sampling
untuk 50 mahasiswa bidan, teknik kedua menggunakan total sampling untuk 1
dosen kebidanan, 1 dosen bahasa Inggris dan 2 bidan di Puskesmas Bentiring
Permai. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berbicara adalah
keterampilan yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa bidan. Berdasarkan hasil
analisis data, peneliti merancang silabus berdasarkan pendekatan komunikatif
yang telah divalidasi oleh validator.
Kata kunci : pengembangan silabus, silabus Bahasa Inggris berbasis komunikatif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:20 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14488 |