Putri, Dwi Eka and Arasuli, Arasuli and Erni, Sukesi (2022) AN EVALUATION OF SPEAKING MATERIALS IN THINK GLOBALLY ACT LOCALLY TEXTBOOK FOR NINTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Dwi Eka Putri.pdf [thumbnail of Skripsi Dwi Eka Putri.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Dwi Eka Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Putri, Dwi Eka. 2022. An Evaluation of Speaking Materials in Think Globally Act
Locally Textbook for Ninth Grade of Junior High School. Thesis, Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing: Drs.
Arasuli, Dip. TESL, M.Si. dan Pembimbing Pendamping: Dr. Erni Sukesi,
M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan
untuk mengobservasi, mengevaluasi, dan mengetahui kualitas materi berbicara
dalam buku teks pelajaran Think Globally Act Locally untuk kelas IX SMP/MTs
yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi 2018.
Peneliti mengevaluasi materi berbicara berdasarkan empat kriteria materi
berbicara yang baik dari Scott (2005), yang meliputi (1) terdapat instruksi yang
jelas, (2) terdapat aktifitas komunikatif, (3) terdapat kegiatan yang menarik dan
menantang, serta (4) terdapat aktifitas analitis. Objek dari penelitian ini adalah
buku teks pelajaran Think Globally Act Locally, khususnya semua materi
berbicara yang terdapat dalam buku tesebut. Instrumen yang digunakan terdiri
dari tabel evaluasi, dokumentasi, dan juga wawancara. Pengumpulan data
dilakukan melalui enam tahapan, meliputi: (1) membaca buku secara menyeluruh,
(2) menemukan semua materi berbicara, (3) mengamati materi berbicara yang
telah ditemukan, (4) mengidentifikasi materi berbicara berdasarkan keempat
kriteria, (5) melaporkan data melalui tabel evaluasi, (6) melaporkan data secara
mendetil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 40 materi berbicara
dalam buku tersebut, 30 diantaranya memenuhi kategori „baik‟ dan 10 lainnya
mencapai kategori „cukup‟. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan materi
berbicara dalam buku tersebut dikategorikan sebagai „baik‟. Oleh karena itu,
peneliti menyarankan agar buku ini dapat diimplementasikan sebagai sumber
rujukan utama untuk kegiatan berbicara di dalam kelas.
Kata kunci: Materi berbicara, kriteria materi berbicara yang baik, buku
teks pelajaran.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:20 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14489 |