Yoni, Apriani and Sofyan, Dedi and Ildi, Kurniawan (2022) A COMPARATIVE STUDY ON INTERACTIVE META-DISCOURSE USED IN RESEARCH ARTICLE DISCUSSIONS PUBLISHED IN HIGH- AND LOW-RANKING ELT JOURNALS BY INDONESIAN AUTHORS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI CD YONI PDF.pdf [thumbnail of SKRIPSI CD YONI PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CD YONI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Yoni, Apriani. 2021. Studi Komparatif pada Penggunaan Meta-wacana
Interaktif dalam Pembahasan Artikel Penelitian Diterbitkan dalam
Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris Peringkat Tinggi dan Rendah.
Pembimbing I: Dr. Dedi Sofyan, S.Pd., M. Hum., Pembimbing II: Ildi
Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
Banyak penelitian tentang penanda meta-wacana telah dilakukan oleh para peneliti di
beberapa bagian teks akademik bidang linguistik terapan dan linguistik. Namun, hal
tersebut belum pernah dilakukan pada bagian pembahasan artikel penelitian di
peringkat jurnal pengajaran bahasa Inggris yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penulis Indonesia menggunakan penanda
metawacana interaktif pada bagian pembahasan artikel penelitian yang diterbitkan di
jurnal pengajaran bahasa Inggris pada peringkat tinggi dan rendah dan menyelidiki
perbedaan penggunaan penanda metawacana interaktid yang digunakan oleh mereka
di kedua kelompok jurnal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain komparatif yang menginvestigasi 32 bagian pembahasan
artikel penelitian yang diterbitkan pada jurnal pengajaran bahasa Inggris pada
peringkat tinggi dan rendah pada tahun 2020. Data diambil dengan menggunakan
teknik sampel bertujuan dan data dianalisis dengan menggunakan prinsip analisis
wacana berbasis genre atau prinsip analisis tujuan komunikatif dengan mengikuti
kerangka metawacana Hyland (2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis
Indonesia dari jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat tinggi dan rendah
menggunakan semua meta-wacana interaktif pada bagian pembahasan artikel
penelitian, tetapi penanda yang paling sering digunakan oleh mereka adalah penanda
transisi. Selain itu, penulis Indonesia dari jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat
tinggi menggunakan lebih banyak penanda transisi, penanda bingkai, penanda
endoforik, dan penanda kode kilau daripada jurnal pengajaran bahasa Inggris
peringkat rendah. Sementara itu, penanda pembuktian lebih sering digunakan oleh
penulis Indonesia dari jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat rendah. Temuan ini
menginformasikan pentingnya menggunakan penanda meta-wacana interaktif dalam
menulis pembahasan artikel penelitian untuk penulis Indonesia.
Kata kunci: jurnal pengajaran bahasa Inggris, jurnal peringkat tinggi dan rendah,
meta-wacana interaktif, pembahasan artikel penelitian.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:22 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14516 |