IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS WITH ACTION LEARNING STRATEGY AT EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL (A Classroom Action Research at Eight Grade Students of SMP N 01 Kota Bengkulu)

Wulandari, Dorea Afrilia and Kasmaini, Kasmaini and Indah, Damayanti (2022) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS WITH ACTION LEARNING STRATEGY AT EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL (A Classroom Action Research at Eight Grade Students of SMP N 01 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi Dorea afrilia wulandari (A1B018006).pdf] Text
skripsi Dorea afrilia wulandari (A1B018006).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Dorea. A. (2022). Improving Students’ Speaking Skills with Action
Learning Strategy at Eighth Grade of Junior High School.
Undergraduate Thesis. English Education Study Program of
Language and Art Departement. Facuylty of Teacher Training and
education. University of Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara siswa
dalam pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan Action Learning Strategy di
kelas 8. Partisipan dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VIII.6 yang
terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Data diperoleh melalui observasi dan tes berbicara. Untuk
menentukan siswa yang berhasil meningkatkan keterampilan berbicara
berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 80. Untuk menganalisis
data, peneliti menggunakan dua langkah, yaitu penilaian keterampilan berbicara
siswa menggunakan data kuantitatif dan menghitung nilai siswa. Hasil penelitian
ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa. Siswa yang
mengalami peningkatan kemampuan berbicara pada data awal adalah 62.5%, atau
20 siswa, siklus I 75% atau 24 siswa dan siklus II 84.375% atau 27 siswa.
Sedangkan siswa yang tidak berhasil pada data awal adalah 37.5% atau 12 siswa,
siklus I 25% atau 8 siswa dan siklus II 15.675% atau 5 siswa. Berdasarkan hasil
wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada beberapa sampel siswa
didapatkan beberapa faktor yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara
siswa. Faktor-faktor tersebut adalah rasa nyaman yang didapatkan oleh siswa saat
sedang belajar, pemberian poin tambahan untuk menarik minat siswa, serta trik
pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk menarik perhatian siswa saat
belajar.
Kata Kunci : Peningkatan, Keterampilan Berbicara, Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200