Pratila, Ineke and Trianto, Agus and Gumono, Gumono (2022) PROBLEMATIKA MENULIS PUISI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![INEKE PRATILA-A1A018087-skripsi.pdf [thumbnail of INEKE PRATILA-A1A018087-skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
INEKE PRATILA-A1A018087-skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
PROBLEMATIKA MENULIS PUISI SISWA X MIPA
SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU
Ineke Pratila, Agus Trianto, Gumono
ABSTRAK
Masih terdapat permasalahan yang mempengaruhi kemampuan menulis
puisi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode
penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dengan cara
memfokuskan pada hal-hal yang penting, penyajian data dalam bentuk
uraian serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa masih menghadapi kendala dalam menulis puisi.
Problematika menulis puisi yang dialami siswa kelas X MIPA SMA Negeri
3 Kota Bengkulu secara eksternal atau berasal dari proses pembelajaran
menulis puisi terdiri dari problematika penyajian materi menulis puisi
bersumber dari satu modul dan buku paket, problematika pemanfaatan media
dalam pembelajaran tidak menggunakan teknologi digital, problematika
pemahaman unsur fisik dan batin menulis puisi, problematika proses
pembelajaran siswa dalam bimbingan menulis puisi, problematika guru
dalam mempresentasikan materi unsur-unsur puisi dengan didominasi teknik
ceramah tanpa dirancang dengan strategi yang mengorientasikan pada
penyajian hasil karya puisi. Problematika guru dalam mengapresiasi puisi
siswa berupa wujud angka dengan tidak adanya proses generalisasi kreatif
dalam tahap apresiasi yang lebih edukatif, problematika sumber belajar yang
digunakan guru hanya berasal dari buku cetak dan modul. Berdasarkan
faktor internal atau yang berasal dari pengetahuan dan pengalaman siswa
dalam pembelajaran menulis puisi yaitu problematika pemahaman siswa
yang hanya bermodalkan hafalan teori sehingga siswa tidak terbiasa untuk
berlatih mengekspresikan unsur-unsur puisi, problematika wawasan bacaan
karya puisi siswa hanya pernah membaca satu karya sastrawan Indonesia
yaitu karya Chairil Anwar, problematika teknik dan gaya dalam penulisan
puisi siswa yang tidak melakukan riset dalam menulis puisi. Berdasarkan
hasil tulisan puisi siswa dikategorikan sudah mampu menggambarkan unsur
instrinsik dan ekstrinsik dalam puisi.
Kata Kunci : Problematika Siswa, Menulis Puisi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14531 |